Indent Adalah: Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan Dalam Bisnis Properti

Diposting pada 17 April 2023

Beli rumah baru memang butuh proses. Khususnya lagi rumah yang sifatnya harus indent dulu. Jadi dalam beli properti indent memang harus sabar dengan hasil yang tentunya bagus.

Dalam prosesnya pun, beli properti indent tidak hanya bayar uang muka saja. Di sisi lain, harus bayar uang  booking.

Meskipun harus lebih sabar, beli proprti indent bisa dapat unit yang berkualitas. Jadi lebih untung.

 

Pengertian Properti Indent

Properti indent adalah proses membeli properti baik rumah, apartemen, atau ruko dengan skema pesan dulu. Spesifikasi unit yang dipesan pun harus jelas.

Nah untuk mengikat pembelian properti indent maka harus bayar uang muka terlebih dahulu. Intinya uang muka sebagai tanda jadi.

Paling enak beli properti indent adalah kebebasan untuk memilih. Jadi pembeli bisa memilih desain unit, luas lahan, hingga desain kamar. Alhasil lebih menguntungkan.

Kelebihan Beli Properti Indent

Ketika Anda memutuskan untuk beli properti secara indent, maka akan didapat beberapa keuntungan. Jadi potensi kerugiannya kecil.

Berikut 4 kelebihan beli properti indent yang bisa Anda dapatkan:

1. Pembayaran Unit Fleksibel

Proses pembayaran unit properti indent lebih fleksibel. Bisa dengan cicilan. Kemudian bisa juga cash bertahap hingga semua bagian rumah selesain sempurna.

2. Bisa Menyesuaikan Desain Unit

Hal kedua yang menguntungkan adalah pembeli bisa memilih desain unit rumah sesuai dambaan. Bahkan bisa meminta perubahan desain.

Ditambah lagi, bisa juga memilih luas lahan dan jumlah kamar. Oleh karena itu, menguntungkan.

3. Nilai Jual Tinggi di Masa Depan

Properti indent yang lokasinya strategis nilai ekonominya akan tumbuh tinggi. Jadi nilai jualnya di masa depan lebih tinggi.

Oleh karena itu, buat Anda yang mau mau investasi properti mending beli rumah indent.

4. Ikut Mengawasi Pembangunan Properti

Nah karena indent maka Anda sebagai pembeli bisa mengawasi proses pembangunan unit properti. Jadi Anda bisa memastikan unit properti sesuai pesanan.

Itulah daftar 4 keuntungan ketika  beli properti indent. Namun dibalik kuntungan properti indent, ada juga kekurangannya.

Kekurangan Beli Properti Indent

Indent adalah beli rumah, ruko, atau apartement yang pesan lebih dulu. Dibalik keunggulannya, ada juga catatan kekurangan ketika beli rumah indent.

Berikut kekurangan beli properti secara indent:

Risiko Pembangunan Bisa Molor

Pembangunan unit properti indent bisa saja tidak sesuai timeline. Jadi ada potensi waktu pembangunna molor. Alhsil merugikan pembeli yang ingin cepat menempati rumah.

Pengembang Gulung Tikar

Sebaiknya pilih developer yang berkualitas dan terpercaya. Supaya terhindar dari pengembang yang gulung tikar sebelum unit rumah indent selesai. Jadi ada juga risiko pengembang gulung tikar.

Risiko Pembeli Tidak Puas

Risiko selanjutnya adalah pihak pembeli tidak puas. Pasalnya unit rumah yang dipesan ternyata tidak sesuai dengan spesifikasi dan desain bangunan seperti perencanaan.

Kesimpulan

Indent adalah beli properti dengan cara memesan terlebih dahulu. Ada kelebihan dan kekurangannya beli properti secara indent.

Untuk keuntungan tentu saja pembayaran lebih fleksibel dan bisa menyesuaikan desain sesuai dambaan. Namun kelemahannya adalah ada risiko pembangunan yang molor.

Nah jika mau beli rumah yang tidak indent alias siap huni, segera hubungi agen properti digital Prime360.

ImgWaNow