Kenaikan Harga Apartemen Mengalami Kenaikan Tiap Tahun, Kenapa Bisa Terjadi?

Diposting pada 05 May 2023

Pasar properti, khususnya pasar rumah tapak dan apartemen terus mengalami pertumbuhan.  Pertumbuhan permintaaan di pasar properti ini juga berdampak pada kenaikan harga properti.

Khususnya harga apartemen yang naik tiap tahun. Hal ini pun akan menimbulkan pertanyaan, kenapa harga apartemen naik tiap tahun?

Jawabannya sangat mudah. Ada faktor fundamental yang mendorong kenaikan harga apartemen.  Seperti lahan yang terbatas namun permintana apartemen sangat tinggi. Alhasil kenaiakan harga apartemen tidak bisa dihindari.

 

Kenapa Harga Apartemen Naik Setiap Tahun?

Sebelum membeli apartemen, sebaiknya Anda tahu faktor detail yang mendorong kenaikan harga apartemen seiring bertambahnya waktu. Supaya Anda tidak kaget ketika harga apartemen ditahun-tahun selanjutnya semakin mahal.

Berikut adalah 7 alasan mengapa harga apartemen terus mengalami kenaikan seiring bertambahnya waktu:

1. Terbatasnya Lahan

Apartemen lokasinya di tengah kota. Lahan di perkotaan sangat terbatas. Nah Keterbatasan lahan untuk pembangunan apartemen menyebabkan harga apartemen semakin mahal.

Dengan demikian, lahan yang terbatas seiring bertambahnya waktu akan mendorong harga apartemen semakin tinggi. Jadi harga apartemen yang naik sebenarnya tidak  bisa dihindari.

2. Lokasi Strategis

Seperti penjelasan pertama, lokais apartemen di tengah kota yang strategis harganya tentu lebih tinggi.  Dengan keunggulan apartemen yang dekat pusat kota, akses transportasi yang mudah, dan fasilitas umum seperti sekolah, rumah sakit, dan pusat perbelanjaan.

3. Kenaikan Biaya Konstruksi

Hal yang tidak bisa dihindari adalah bahan bangunan yang semakin mahal. Seperti semen, pasir, kusen, kayu, dan lainnya.

Ditambah lagi, upah pekerja juga naik. Dengan demikian biaya konstruksi yang semakin naik mendorong  kenaikan harga apartemen.

4. Kenaikan Harga Tanah

Terbatasnya lahan mendorong harga tanah mengalami kenaikan. Nah apartemen bisa berdiri ketika memiliki lahan.

Harga tanah yang tinggi akan mendorong harga apartemen juga mengalami kenaikan. Apalagi lokasi tanah strategis tentu harga apartemen semakin tinggi.

5. Penambahan Fasilitas di Area Apartemen

Apartemen tidak hanya tempat tinggal semata. Ada juga fasilitas pendukung kenyamanan seperti kolam renang, pusat kebugaran, taman bermain anak-anak, dan lain-lain. Dengan demikian semakin banyak fasilitas akan mendorong harga apartemen semakin tinggi.

6. Kebijakan Pemerintah

Kebijakan pemerintah dalam meningkatkan pembangunan infrastruktur seperti jalan tol dan kereta api yang terhubung dengan apartemen juga akan mendorong kenaikan harga apartemen. Tentu dengan manfaat mudahnya akses dan mobilitas.

7. Daya Beli Masyarakat Meningkat

Kenaikan pendepatan masyarakat mendorong daya beli masyarkat meningkat. Dengan demikian permintaan apartemen juga meningkat.

Permintaan apartemen yang meningkat akan berdampak pada naiknya harga apartemen, karena semakin banyak orang yang mampu membeli apartemen.

Kesimpulan

Dengan mempertimbangkan faktor-faktor kenapa harga apartemen naik tiap tahun, Anda dapat memutuskan apakah membeli apartemen adalah pilihan investasi yang tepat untuk Anda.

Namun, sebelum memutuskan untuk membeli apartemen, penting untuk melakukan riset pasar yang cermat, berkonsultasi dengan profesional di bidang properti, dan memperhatikan kemampuan keuangan Anda.

ImgWaNow